Kumpulan Filsafat Jawa Kuno Part 1

Kamis, 06 April 2017

http://filsafatkehidupanmanusia.blogspot.com/
Kumpulan Kutipan Kata Kata Bijak Jawa Kuno / Kata Mutiara dan Wejangan Leluhur Terpopuler dan Terfavorit dalam bahasa Jawa Kuno Tentang Kehidupan | beserta arti dan maknanya.

1. NGUNDHUH WOHING PAKARTI (Menuai buah pekerti)

Pepatah Jawa kuno ini bermakna, setiap orang akan mendapatkan akibat dari perilakunya sendiri.

2. WITING TRESNO JALARAN SAKA KULINO (Berawalnya cinta karena terbiasa)
Kata kata mutiara bijak jawa kuno ini sangat familiar bagi orang jawa, maknanya kurang lebih adalah, bahwa cinta biasanya akan datang jika kita telah terbiasa (dalam hal ini misalnya keberadaannya, terjalinnya komunikasi dan juga interaksi)

 3. MEMAYU HAYUNING BAWONO, AMBRASTO DHUR ANGKORO.
(Percantik keindahan dunia, Berantaslah ke-angkara murka-an).

Kata Mutiara Jawa kuno kali ini bermaksud memberi pesan kepada manusia agar ketika hidup di dunia hendaknya berusaha memperindah dunia ini dengan rasa cinta kasih kepada semesta, serta memberantas sifat angkara murka dan segala sifat tercela yang merusak dunia.

4. Ojo Gumunan, Ojo Getunan, Ojo Kagetan, Ojo Aleman
(Jangan mudah terheran-heran, Jangan mudah menyesal, Jangan mudah terkejut, Jangan manja).

Makna Kata kata Bijak Jawa ini cukup jelas, 
  1. Rajinlah menuntut ilmu agar wawasan semakin luas sehingga tidak mudah terheran-heran terhadap setiap gejala yang ada di kehidupan mayapada ini.
  2. Giatlah berkarya dan bekerja dan pikirkan segala sesuatu dengan seksama agar nanti di masa depan tidak menjadi  http://www.akuntogel.com/ orang-orang yang menyesal.
  3. Yang terakhir berusahalah dengan sekuat tenaga untuk menjadi orang yang kuat dan mandiri alias tidak manja.

5.Urip Iku Urup (Hidup itu Nyala)

Kata Bijak Jawa kuno yang satu ini juga cukup populer, maknanya adalah orang hidup sudah seharusnya menerangi atau memberi manfaat kepada setiap makhluk di sekitarnya.

 6. Aja keminter mundhak keblinger, aja cidra mundhak cilaka
(Jangan sok pintar nanti tersesat, jangan berbuat curang nanti celaka)

Makna dari kata kata bijak jawa kuno ini mungkin sudah cukup jelas.. mari kita ingat kembali hukum karma/ hukum sebab akibat.. ;)


Lebih baik kita tidak berlaku sombong dan aniaya terhadap sesama sehingga Tuhan tidak murka dan menimpakan (kala) bencana kepada kita.