Manfaat belajar Filsafat pada kehidupan Part 2

Kamis, 06 April 2017

http://filsafatkehidupanmanusia.blogspot.com/
Lanjutan dari manfaat belajar filsafat pada kehidupan sehari-hari part2 akan dibahas pada halamn ini, jadi ilmu filsafat sangat luas jangkauannya.

Beriku manfaat belajar ilmu filsafat part 2 :

1. filsafat membantu menjadi diri sendiri – Lewat cara berpikir yang sistematis, holistik dan radikal yang diajarkan tanpa terpengaruh oleh pendapat dan pandangan umum.

2. Filsafat akan membangun landasan berpikir – Komponen utama baik bagi kehidupan pribadi terutama dalam hal etika, maupun bagi berbagai macam ilmu pengetahuan yang kita pelajari.

3. Filsafat dengan sifatnya sebagai pembebas – Manfaat belajar filsafat akan mendobrak pola pikir yang terbelenggu tradisi, mistis, dan dogma yang menjadi penjara bagi pikiran manusia.

4. Filsafat akan membuat kita dapat membedakan persoalan – Terutama berbagai persoalan ilmiah dengan persoalan yang tidak ilmiah.

5. Filsafat dapat menjadi landasan historis-filosofis – Dalam hal ini, berasal dari berbagai macam kajian disiplin ilmu yang kita tekuni.

6. Filsafat dapat memberikan nilai dan orientasi pada semua disiplin ilmu – Filsafat memberikan petunjuk lewat penelitian penalaran serta metode pemikiran reflektif, sehingga kita dapat menyelaraskan antara pengalaman, rasio, agama serta logika.

7. Filsafat dapat dijadikan alat untuk mencari kebenaran – Memberikan pandangan serta pengertian mengenai hidup

8. Filsafat dapat dijadikan sebagai pedoman – Berguna sebagai sumber inspirasi bagi kehidupan.

9. Filsafat mengajarkan kepada kita tentang etika dan moral – Pembelajaran moral dan etika ini, dapat diimplementasikan secara langsung dalam kehidupan.

0. Filsafat dapat membangun semangat toleransi – Menjaga keharmonisan hidup di tengah perbedaan pandangan atau pluralitas.

Cabang-cabang Ilmu Filsafat

Di dalam perkembangannya, ilmu filsafat tidak lagi merupakan satu kesatuan utuh. http://www.akuntogel.com/  Dalam hal ini, karena dirasa perlu untuk membaginya menjadi beberapa cabang. Tujuannya agar lebih mudah untuk dipelajari serta diimplementasikan dalam kehidupan nyata.

Cabang-cabang dari ilmu filsafat tersebut terdiri atas :

1. Metafisika
2. Epistemologi
3. Aksiologi

Secara harfiah arti dari metafisika adalah ‘melampaui ilmu pengetahuan’, karena dalam bahasa Yunani arti dari ‘meta’ adalah melampaui, sedang ‘physika’ memiliki arti Fisika. Cabang ilmu filsafat ini mempelajari tentang jati diri manusia, termasuk alam semesta, makhluk spiritual, kehidupan pasca kematian, dan lain-lain. Metafisika sendiri masih dibagi lagi menjadi 3 cabang, yakni :

Ontologi, yang mempelajari khusus tentang eksistensi atau keberadaan
Theologi, yang mempelajari tentang ketuhanan dan proses penciptaan
Sains Universal, yang mempelajari prinsip-prinsip seperti jati diri.

Ilmu filsafat memang kalah populer dibanding disiplin ilmu yang lain, apalagi di era yang serba hedonis seperti sekarang ini, filsafat semakin ditinggalkan. Semakin sedikitnya mereka yang mempelajari ilmu filsafat inilah yang membuat batin dan pikiran mereka semakin keropos. Kekeroposan yang bukan hanya akan merusak diri mereka sendiri, tapi juga merusak kehidupan di sekitarnya.